Tips Agar Bayi Anda Tidur Nyenyak dan Tidak Rewel di Malam Hari

Advertisement
Advertisement
Tips Agar Bayi Anda Tidur Nyenyak - Semua orang tua menginginkan agar bayi mudah tertidur lelap, sehingga bayi maupun orang tua dapat beristirahat dengan baik dan beraktivitas kembali di esok hari.Beberapa bulan pertama, bayi yang baru lahir memberikan perubahan berarti dalam pola tidur orang tuanya.Sebelum berusia 3-4 bulan, bayi akan terbangun setiap 2-3 jam sekali sehingga orang tua atau biasanya ibu, akan ikut terjaga dan mengalami kekurangan tidur.

Hal tersebut adalah wajar karena bayi yang baru lahir membutuhkan susu 8-12 kali dalam 24 jam. Setelah memasuki bulan ke-3 atau ke-4, bayi dapat tidur lebih lama dan mulai mengikuti kebiasaan yang diciptakan secara perlahan-lahan oleh orang tuanya.Namun, tetap banyak orang tua yang mengeluh karena bayinya tidak mau tidur di malam hari, sehingga orang tua selalu kurang tidur.


Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orangtua agar bisa membuat bayinya tidur dengan nyenyak di malam hari, seperti dikutip dari The Baby Book karangan William Sears dan Martha Sears:


Bantulah bayi memahami bahwa siang hari saatnya makan dan malam hari saatnya tidur atau istirahat. Cobalah untuk memberi makan bayi setiap 3 jam sekali di siang hari.

Gendonglah bayi pada siang hari. Meningkatnya frekuensi kedekatan dan keakraban meningkatkan ketenangan dan bayi yang tenang pada siang hari cenderung tenang juga pada malam hari.

Kenyangkan bayi sebelum tidur. Usahakan untuk menyusui bayi hingga kenyang sebelum tidur dan saat bayi terbangun di malam hari. Kenakan baju tidur bayi yang tepat.

Cobalah untuk menggunakan berbagai baju tidur bayi untuk melihat baju apa yang dapat membantunya tidur lebih tenang. Umumnya bayi dapat tidur lebih baik jika bajunya terbuat dari bahan katun.

Rebahkanlah bayi di tangan ibu. Kehangatan tangan ibu bisa memberikan sentuhan tambahan yang dibutuhkan bayi untuk membantunya tertidur sambil memberikan tepukan lembut di punggung atau bokong bayi. Lepaskan tangan secara perlahan agar tidak membangunkannya.

Buatlah tempat yang tenang untuk tidur bayi. Umumnya bayi bisa membiasakan diri untuk tidak terjaga dengan suara-suara yang sering didengarnya, tapi akan terbangun jika mendengar suara yang mendadak atau mengagetkannya. Tentukan temperamen bayi di malam hari.

Setiap bayi berbeda temperamennya, ada bayi yang bisa menenangkan diri sendiri tapi ada juga yang merengek saat bangun. Jika cepat menghampiri bayi sebelum benar-benar terbangun, maka lebih mudah untuk menidurkannya kembali.Orangtua tidak bisa memaksa bayinya untuk tidur.

Penciptaan lingkungan yang aman dan nyaman adalah cara terbaik untuk membuat bayi lebih cepat tidur dan jangka waktu tidurnya lebih panjang, sehingga bayi tidak akan sering terbangun di malam hari.Demikian 7 tips agar bayi anda tidur nyenyak dan tidak rewel dimalam hari. Semoga bermanfaat.