Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Advertisement
Advertisement
Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi, Cegukan adalah kondisi yang tidak menyenangkan, baik bayi maupun orang dewasa. Jika cegukan dibiarkan saja pada bayi maka akan menyebabkan jadi muntah, batuk-batuk, rewel, bahkan tidak bisa dikendalikan lagi.Namun yang terpenting ibu atau bapak jangan tegang,meskipun cegukan adalah hal yang sering terjadi pada bayi apalagi bayi umur di bawah satu tahun,namun cegukan bukanlah indikasi penyakit yang serius,tapi bila dibiarkan pastilah jadi penyakit yang serius dan akan berbahaya.

Untuk orang dewasa mengatasi cegukan bisa anda lakukan dengan menahan napas beberapa saat,namun untuk bayi jangan karena cukup berbahaya bila di lakukan menahan napasnya,seharusnya bagaimana untuk menghentikan cegukan pada bayi?...nah disini kita punya beberapa tips yang mungkin jadi pertolongan pertama anda di rumah,apa saja simak berikut di bawah ini :


1. Ubah Posisi Menyusui
Apabila si kecil cegukan pada saat sedang disusui, cobalah untuk mengubah posisi menyusui Anda dan terus susui si kecil sampai cegukannya hilang.

2. Tenangkan Bayi
Jika pada saat disusui, si kecil terlalu bersemangat dan kurang tenang yang membuat udara jadi masuk ke dalam diafragmanya. Yang perlu Anda lakukan ialah menenangkan si kecil. Kemudian gosoklah punggung bayi dengan lembut dan perlahan sambil membuatnya tenang sehingga cegukannya berangsur-angsur akan menghilang.

3. Pastikan Anda Menyusuinya Dengan Benar
Sebaiknya cek juga posisi Anda saat menyusui.Posisi menyusui bayi yang benar
ialah pu-ting dan are-ola masuk ke dalam mulut bayi, dan posisi bayi berada di dalam garis lurus dengan lengannya, serta bagian perut bayi berhadapan langsung dengan perut ibu.

4. Hentikan Dulu Proses Menyusui Bayi
Jika cegukan bayi terus terjadi meskipun Anda sudah mengubah posisinya, sebaiknya hentikan dulu kegiatan Anda untuk menyusuinya. Sandarkan si kecil tegak menghadap pada Anda dengan kepalanya pada bahu Anda, kemudian tepuk-tepuk dengan lembut bagian punggungnya seperti apabila Anda menyendawakannya. Tindakan seperti ini dapat mendorong udara dari diafragma ke atas dan bisa menghentikan cegukan. Setelah cegukannya berhenti, Anda dapat menyusuinya kembali.

5. Peluk Bayi
Cobalah peluk serta dekaplah si kecil
ketika ia sedang mengalami cegukan. Kadang-kadang, dalam beberapa menit cegukannya akan mereda dan kemudian hilang.

Semoga bermanfaat mengenai mengatasi cegukan pada bayi ulasan kita tadi di atas,semoga dapa memabantu anda mengatasi cegukan pada bayi anda ,semoga lekas sembuh.