Tips Mengatasi Bayi Sembelit

Advertisement
Advertisement
Tips Mengatasi Bayi Sembelit - Memang kalau bayi kita sakit perasaan suka sedih dan tegang namun tidak baik dan akan ceroboh bila kita mengobati bayi sedang keadaan tegang maka dari itu kalau seandainya bayi kita sedang tidak sehat atau sakit maka kita seharusnya tidak tegang,santai dan cari jalan terbaik untuk mengobati bayi kita yang sedang sakit itu.Nah kasus ini memang bukan terjadi pada orang dewasa saja bayipun bis terkena dengan penyakit yang satu ini yaitu sembelit atau susah buang air besar.Kondisi ini tidak sangat menyenangkan pada orang dewasa apalagi sama bayi ya,tentu kalau bayi sakit ciri utamanya adalah menangis.

Untuk mengetahui bayi kita sedang sakit yaitu tadi sering menangis bisa saja bayi anda susah buang air besar misalnya atau sembelit,cek bagaimana dengan buang air besarnya,karena bayi baru lahir normalnya ia buang air besar bisa sampai 4 kali dalam sehari biasanya ini akan berlangsung sampai bayi umur 7  hari,nah untuk anak 1 sampai dengan 2 tahun (BAB) sampai 1-2 kali setiap harinya itu termasuk normal saja.



1. Pengobatan melalui ASI
Bayi dapat merasakan makanan apa yang dikonsumsi oleh ibunya melalui ASI yang diminumnya. Sehingga ibu perlu meningkatkan asupan air minumnya hingga 6 atau 7 gelas air mineral setiap hari. Ibu juga perlu mengambil obat pencahar alami seperti jus apel atau buah plum.

2. Obat pencahar alami
Anda dapat membuat obat pencahar alami yang aman untuk bayi, yaitu dengan merendam buah plum dengan air panas dan biarkan semalaman. Minumkan satu sendok teh air rendaman buah plum tersebut tersebut ke bayi.

Jika Anda kesulitan menemukan buah plum, gunakan apel yang dicincang. Buah plum, apel, buah persik, pir, kacang polong, dan bayam dikenal dapat mengobati sembelit secara alami pada bayi. Senyawa yang terkandung dalam makanan tersebut dapat melunakkan tinja dan mengatasi sembelit.

Selain itu Anda perlu menambah asupan makanan berserat seperti sayuran dan buah-buahan agar pencernaan bayi lancar dan terhindar dari sembelit.

3. Hindari makanan tertentu untuk bayi
Sistem pencernaan bayi belum dapat mengolah makanan dengn optimal, sehingga makanan padat tertentu dapat menyebabkan sembelit. Misalnya pisang yang masih cukup mentah, merupakan penyebab umum terjadinya sembelit, pilih pisang yang telah benar-benar matang dan lunak.

Telur juga memiliki efek mengikat dalam usus besar dan harus dihindari sampai bayi setidaknya berusia dua belas bulan.

4. Memijat perut bayi
Pijatlah perut bayi dengan lembut searah jarum jam, kemudian mandikan bayi dengan air hangat. Hal ini dapat membuat tubuh bayi menjadi relaks dan panas dapat memperlancar kembali pencernaan dan pembuangan tinja yang terhambat.

5. Latihan kaki
Bantu bayi untuk melakukan latihan ringan dengan membaringkannya dan membuat bayi bergerak menendang-nendang seperti sedang bersepeda. Hal ini dapat membantu melonggarkan gesekan pada saluran usus dan baik untuk mengurangi gas.

Demikian ulasan kita tentang Bagaimana Mengatasi Sembelit Pada Bayi,atau Bagaimana Cara Mengatasi Bayi yang susah Buang Air Besar (BAB).